Analasis
dan Implementasi Manajemen Strategi
PT. PRAMONO IRINDO JAYA
BULAWAMBONA ENDAH PURNAMASARI
01215093
MANAJEMEN
UNIVERSITAS
NAROTAMA
2017
Latar Belakang
PT. Promono Irindo Jaya
adalah perusahaan manufaktur
yang bergerak dalam bidang Aksesoris Garmen, khususnya produksi kancing
baju untuk berbagai jenis pakaian. Sejak
berdirinya perusahaaan pada tanggal 29 Mei 1982, Perusahaan ini
juga dikenal sebagai
produsen kancing yang mengutamakan kualitas dan presisi
tinggi.
PT. Pramono Irindo Jaya yang beralamatkan di Jl. Sukodono Ds. Keboan
Anom, Gedangan-Sidoarjo merupakan salah satu
perusahaan kancing yang
sangat mengutamakan kepuasan customer,
di mana proses
produksi atau pembuatan
kancingnya dilakukan dengan cepat, namun tetap mengutamakan kualitas
dari kancing yang di produksi.
Saat ini PT. Pramono Irindo Jaya merupakan salah satu perusahaan
yang memiliki banyak customer baik di
daerah PULAU JAWA maupun di luar PULAU JAWA . Perusahaan-Perusahaan yang
menjadi Customer PT. Pramono Irindo Jaya bukan hanya
perusahaan kecil saja melainkan banyak
perusahaan-perusahaan besar yang menjadi
customer PT. Pramono Irindo Jaya
seperti:
Sri Rejeki Isman, Pan Brother, Gunung Salak, Young-il Indonesia,
Doosan Cipta Busana , dan perusahhan Garment
lain- lain.
Visi Perusahaan
Adapun Visi dari PT. Pramono Irindo Jaya adalah “ Menjadi
perusahaan yang menyongsong perubahan
untuk menjadi perusahaan
kancing terbaik dan membanggakan bagi masyarakat”.
Misi Perusahaan
Adapun Misi dari PT. Pramono Irinda Jaya adalah sebagai berikut:
1. Untuk meningkatkan laba
perusahaan PT. Pramono Irindo Jaya , meningkatkan volume
penjualan dan menekan segala biaya yang tidak berhubungan dengan operasional
perusahaan.
2. Berkomitmen untuk mengantisipasi kebutuhan
pelangggan yang terus berubah
dengan menanggapinya secara
kreatif dan kompetitif
melalui pemecahan masalah secara menyeluruh, pelayanan terbaik, dan
produk bermutu.
3. Menjadi perusahaan yang
berkinerja unggul dalam
dunia usaha dan menjadi
perusahaan andalan karena memberikan
nilai-nilai tambah kepada customernya.
4. Berupaya mencapai pertumbuhan
usaha yang menguntungkan
dan berkelanjutan serta
memberikan nilai jangka
panjang bagi para karyawannya
5. Memegang komitmen untuk
peduli lingkungan dan
memperbaiki kehidupan masyarakat di sekitar wilayah operasi Perusahaan kami.
1. Tujuan utama perusahaan PT Pramono Irindo Jaya yaitu untuk memuaskan kebutuhan konsumen dan
berupaya Mencapai pertumbuhan usaha
yang menguntungkan dan berkelanjutan erta memberikan nilai
jangka panjang bagi para karyawannya
2. Menempatkan Brand dalam pikiran
konsumen untuk memaksimalkan potensi manfaat perusahaan
Sasaran Perusahaan
1.
Para supplier
kancing atau pun penjahit-penjahit besar dengan kebutuhan kancing tertentu.
Analisis SMART
S : memuaskan kebutuhan
konsumen dan berupaya Mencapai
pertumbuhan usaha yang
menguntungkan dan berkelanjutan serta
memberikan nilai jangka
panjang bagi para karyawannya
M : hal ini terbukti PT.Pramono Irindo Jaya dikenal sebagai produsen kancing yang mengutamakan kualitas dan presis itinggi.
A : Selain perusahaan-perusahaan kecil
yang menjadi customer, adapun perusahaan-perusahaan besar yang banyak menjadi
customer seperti: Sri RejekiIsman,Pan Brother,Gunung Salak, Young- ilIndonesia, Doosan Cipta Busana,dan perusahhan Garment lain-lain.
R: hal ini terbukti pada misi perusahaan PT Pramono Irindo Jaya,
yaitu untuk meningkatkan laba perusahaan PT.Pramono Irindo Jaya,meningkatkan volume penjualan dan menekan segala biaya yang tidak berhubungan dengan operasional perusahaan.
T: Setiap usaha pasti memiliki target tahunan akan tetapi PT Pramono
Irindo Jaya merupakan perusahaan kancing yang sangat mengutamakan kepuasan customer,dimana proses produksi atau pembuatan kancingnya dilakukan dengan cepat,namun tetap mengutamakan kualitas dari kancing yang diproduksi.
Strategi dan Taktik
Budaya
yang diterapkan didalam Perusahaan Pramono Irindo Jaya
1) Budaya
perusahaan dengan asas kekeluargaan dalam tubuh Perusahaan Pramono Irindo Jaya sudah menjadi
spirit kerja loyalitas dalam kegiatan sehari hari
Marketing MIX Kopiganes
1)
Product
- kancing bahan logam
- kancing bahan kuningan
- kancing bahan magnet tas
- kancing bahan pdu polri
- kancing bahan polos
- kancing bahan peniti
- kancing bahan jepret plastik
- kancing bahan kemeja manset
- kancing bahan kemeja warna
- kancing bahan kayu
- kancing bahan lucu dan unik
- kancing bahan rivet
- kancing bahan tas
- kancing bahan unik
- kancing bahan warna warni
- kancing bahan almamater
- kancing bahan baju
- kancing bahan bungkus
- kancing bahan batok
- kancing bahan emas
- kancing bahan hias lucu
- kancing bahan jas almamater
- kancing bahan jepret
- kancing bahan jeans
- kancing bahan jepit
2)
Price
·
Kisaran harga yang
kami tawarkan sesuai dengan jenis dan kebutuhan yang di minta.
3)
Promotion
Strategi
Promosi yang dilakukan PT. Pramono Irindo
Jaya antara lain yaitu memberikan
penawaran terhadap supplier tetap kami mengenai harga dan variasi kancing yang
kami tawarkan. Dan dengan melakukan survey pasar terhadap kebutuhan pasaran dan
kemudian memberikan info mengenai
produk di situs kami
4)
Place
Saluran
pemasaran dan pendistribusian prodak yang dilakukan PT. Pramono Irindo Jaya adalah saluran distribusi secara langsung,
yaitu tanpa melalui perantara. Tapi langsung
di tujukan pada supplier-supplier rekanan yang kami miliki
5)
Daya
Saing
a.
Sumber
Daya yang Berwujud
·
Bahan baku berkualitas
tinggi
·
Memiliki banyak varian
produk agar pelanggan tidak bosan
·
Memiliki SOP yang jelas
·
Memiliki peralatan yang
mendukung untuk produk yang berkualitas
a)
Sumber
Daya yang tidak berwujud
·
Sudah di kenal di kalangan supplier
·
Kredibilitas perusahaan
yang terpercaya
b)
Kemampuan
·
Mampu memberikan
variasi pada produk
·
Memiliki kualitas bahan
baku yang terpercaya
·
Memiliki produk dengan
harga yang menjangkau untuk seluruh kalangan
c)
Kemampuan
Inti
·
Bahan baku berkualitas
tinggi
·
Memiliki variasi produk
guna menyesuaikan selera konsumen
Implementasi Strategi
Perusahaan
Implementasi Strategi adalah jumlah keseluruhan aktivitas dan
pilihan yang dibutuhkan untuk dapat menjalankan perencanaan strategis.
Implementasi strategis merupakan proses dimana beberapa strategi dan kebijakan
diubah menjadi tindakan melalui pengembangan program, anggaran dan prosedur.
Walaupun implementasi biasanya baru dipertimbangkan setelah strategi
dirumuskan, akan tetapi implementasi merupakan kunci suksesnya dari manajemen
strategic. Perumusan strategi dan implementasi strategi harus dilihat seperti
dua sisi mata uang.
Untuk mencapai tujuan-tujuan perusahaan, baik dalam bentuk
profit maupun kelangsungan usaha perusahaan serta dalam rangka membangun
company image yang baik, maka perusahaan menrapkan beberapa strategi dalam
berbisnis. Strategi tersebut tentunya melibatkan seluruh aspek dari pelaku
bisnis yakni para pelanggan, pemberi modal (perbankan), para pemasok, otoritas
pemerintahan, maupun sumber daya internal perusahan.
Secara singkat strategi bisnis PT. PRAMONO IRINDOJAYA dalam
mempertahankan kelangsungan dan mengembangkan usaha adalah sebagai berikut:
1.
Menjaga hubungan baik dengan seluruh mitra kerja yakni, para
pelanggan, pemasok, penyedia permodalan dan unsur pemerintah dalam sinergi dan
simbiosis yang saling menguntungkan serta berkonstribusi dalam pembangunan
masyarakat secara luas.
2.
Mengutamakan pelayanan yang memuaskan untuk para pelanggan
dengan tetap memperhatikan profit margin yang akan dicapai.
3.
Mengembangkan sistem manajemen yang terbuka, jujur dan
bertanggung jawab dengan dukungan sumber daya manusia yang professional dan
berdedikasi tinggi.
4.
Secara berkesinambungan memanfaatkan perkembangan teknologi dan
ilmu pengtahuan yang relevan dengan bidang usaha yang dijalankan untuk
memperoleh sistem yang effektif dan effisien.
5.
Melibatkan seluruh aspek yang terkait dalam setiap pengambilan
keputusan untuk memperoleh dukungan maksimal dari berbagai pihak.
Analisa Perusahaan
1.1
Analisis
IFAS & EFAS
Dilihat dari Faktor
Internal
▪ Kekuatan
1.
Kualitas produk kancing yang baik, sehingga diminati oleh
banyak konsumen
2.
Promosi produk yang baik dan kerja sama erat dengan para
pemasok, konsumen dan distributor untuk menghantar produk-produk dari pabrik ke
tempat-rempat penjualan
3.
Penjualan produk sangat stabil dari tahun ketahun
4.
Mempuyai pelanggan yang tetap
5.
Kemudahan pembelian bahan baku
▪ Kelemahan
1.
Perlakuan Manajemen SDM di Perusahaan Tidak merata
2.
Rendahnya respon pasar terhadap produk-produk tertentu.
3.
Kurangnya ketelitahan dalam pengecekan kancing yang akan di
produksi sehinga sering mengalami masalah yang sama
4.
Perusahan masih mengunakan jasa Accouting dari luar
5.
Gaji yang di bayarkan tidak sesui ketentuan yang ada
6.
Setiap hari ada
Loyalitas 1 jam kerja tanpa di bayar
Dari tabel diatas dapat dilihat
bahwa kekuatan yang dimiliki Pramono memiliki nilai yang lebih tinggi 3 poin dari nilai kelemahannya.
Total IFAS = Strength – Weakness
=3,52 – (-2.88)
= 6.4
Dilihat dari Faktor Eksternal
▪ Peluang
1.
Tingginya kepuasan konsumen terhadap produk kancing PT Pramono
Irindo Jaya
2.
Perusahaan mampu membuat produk kancing sesuai model dan
desain dari konsumen
3.
Mampu memproduksi produk dengan kualitas terbaik serta
mengikuti trend dan model masa ini
4.
Pasar yang bebas sehingga perusahan berpeluang untuk menambah
konsumen
5.
perusahaan mampu mengekspor ke luar negeri
6.
Kemauan perusahaan yang tinggi untuk lebih maju dan
berkembang
7.
Lingkungan kerja yang mendukung
▪ Ancaman
1.
Kekecewaan Konsumen terhadap kualitas produk / barang
2.
Pengiriman Barang ke supplier terlambat
3.
Barang yang dikirim sebagian rusak/reject
4.
Produk pesaing dengan harga lebih rendah.
5.
Melemahnya daya beli konsumen.
6.
Pembyaran penagihan piutang tidak sesuai jadwal
Dari
tabel diatas dapat dilihat bahwa ancaman yang dimiliki Pramono memiliki nilai
yang lebih tinggi 1 poin dari nilai peluang
Diferensiasi
Diferensiasi adalah mengambil pelanggan sebagai titik
perhatian utama. Strategi ini menitik beratkan pada pembangunan presepsi akan
keunggulan kualitas, desain produk, teknologi, jaringan distribusi, image, bahan
atau pelayanan.
Strategi ini dipilh karena PT. PRAMONO memiliki ketrampilan dan sumber
daya umum berupa :
• PT.PRAMONO menggunakan online shop dan media web untuk iklan
produknya.
• PT.PRAMONO membuka diri terhadap berbagai inspirasi guna meningkatkan
kualitas barang
Value chain diferensiasi Consina
Adanya kesesuaian antara kemampuan perusahaan untuk
menciptakan keunikan yang sesuai dengan permintaan pelanggan ada empat tahap:
- Tingkat kepentingan dari setiap aktivitas yang berbeda.
- Keterpisahan dari aktivitas yang berbeda.
- Dibuat rantai nilai yang terpisah untuk setiap kelompok pelanggan segmen atas dan pelanggan segmen bawah
- Identifikasi faktor penentu diferensiasi.
uNTUK DATA POWER POINT, DAPAT DI DOWNLOAD DI LINK DI BAWAH INI :
Kepada Yth
BalasHapusBpk/Ibu Pimpinan Bag Import
Div : Import-Export, Purchasing & Domestik
Dengan Hormat
Perkenalkan kami dari PT.JTRAN CARGO PERSADA perusahaan International Freight Forwarders, Customs Clearance, Customs Consultant And Land Transportation Service. Dengan kopetensi tinggi dalam semua aspek jasa pengangkutan, di dukung oleh jaringan yang luas yaitu pelayaran dan Customs.
PT.JTRAN CARGO PERSADA kemampuan yang sangat baik untuk menanggani setiap aspek kebutuhan yang berhubungan dengan proses kepabeanan baik IMPORT maupun EXPORT.
* Project kerjasama Unggulan Kami SBB :
Jasa Customs Clearance Import Via Udara ( Soekarno-hatta dan Halim Perdana Kusuma )
Jasa Customs Clearance Import Via Laut ( LCL / FCL 20feet / 40feet dll )
Jasa Undername Export-Import
Jasa Import Door To Door Service Dari Seluru Negara Asal Ke Indonesia
Undername / perizinan import ( Perusahaan / Sewa )
Bea Import Borongan ( ALL-IN ) Via Laut dan Udara
All-In Customs Clearance Including : Pajak Import, Biaya D.O, Sewa Gudang & Other Chargest
Domestik Via Laut, Darat dan Udara ke Seluruh Indonesia
Cara konsultasi gratis untuk mengimport
Agensi : Asia, Eropa, Amerika, Afrika dan Australia
* Perusahaan Kami Salah Satu Perusahaan yg Melayani & Memiliki Beberapa Izin Import dan Kuota Import Seperti :
API dengan XX bagian HS
Kuota ( PI Besi Atau Baja, Baja Panduan, Dan Produk Turunannya )
Kuota ( PI Produk Kehutanan )
Kuota ( Mesin Bekas / Barang Bekas )
LS ( Laporan Surveyor )
LS Alas kaki
LS Electronic
LS Mainan
LS Pakaian jadi
LS Garment
LS Textile
* Operasional Perusahaan kami Meliputi :
Port Tanjung Priok & Soekarno Hatta II Air Port ( Jakarta )
Port Tanjung Perak ( Surabaya )
Port Tanjung Mas ( Semarang )
Port Belawan ( Medan )
Demikianlah perkenalan dari kami, besar harapan kami menjadi mitra atau rekanan baru di perusahaan bapak/ibu. Atas kesempatan, kepercayaan dan kerjasama yang baik kami ucapkan terima kasih.
--
Thanks & Best Regards Fakrul PT.JTRAN CARGO PERSADA General Trade Supplier &Export-importCIBUBUR TIMES SQUARE, RUKO MEDISON
Jl. Raya Transyogi Km.3 B3 Jati Karya, Jati Sempurna Kota Bekasi, Jawa Barat
mobile:082161135717
Telp : 021-28674430E-mail : fakrul.import@gmail.com
Masih ada lowongan gak bapak atau ibu.
BalasHapusDengan Hormat,
BalasHapusPerkenalkan kami dari PT. Bakalindo Akses Penjamin (Agen Asuransi) dimana perusahaan kami telah di tunjuk untuk memasarkan Produk Penerbitan Bank Garansi & Surety Bond - Tanpa Agunan ( N on Collateral) bahkan perusahaan kami telah di Back Up oleh Perusahaan Asuransi Kerugian Swasta Nasional Maupun BUMN.
File Penawaran Terlampir
JENIS JAMINAN :
1.Jaminan Penawaran / Bid Bond.
2.Jaminan Pelaksanaan / Peformance Bond.
3.Jaminan Uang Muka / Advance Payment Bond.
4.Jaminan Pemeliharaan / Maintenance Bond.
5. Jaminan Pembayaran Akhir Tahun / SP2D
Lines Of Insurance
1. Custom Bond
2. Asuransi Cargo
3. Construction All Risk ( CAR )
4. Public Liabillity/ Product Liability
5. Comprensive General Liability (CGL)
6. Erection All Risk ( EAR )
7. Workman Compensation Liability ( WCL )
8. Automobile Liability ( AL )
9. Marine Hull
Regards,
Julian Hamzah
Call / WA 085217012610
Website : bapaksespenjamin.com