Selasa, 25 April 2017

PT.  Promono Irindo Jaya, Kancingnya Kota Sidoarjo

TUGAS





Analasis dan Implementasi Manajemen Strategi
PT. PRAMONO IRINDO JAYA


BULAWAMBONA ENDAH PURNAMASARI
01215093
MANAJEMEN


UNIVERSITAS NAROTAMA

2017



Latar Belakang
PT.  Promono Irindo Jaya adalah  perusahaan  manufaktur  yang bergerak dalam bidang Aksesoris Garmen, khususnya produksi kancing baju untuk berbagai jenis pakaian.  Sejak berdirinya perusahaaan pada tanggal 29 Mei 1982, Perusahaan  ini  juga  dikenal  sebagai  produsen  kancing  yang mengutamakan kualitas dan presisi tinggi.
PT. Pramono Irindo Jaya yang beralamatkan di Jl. Sukodono Ds. Keboan Anom, Gedangan-Sidoarjo  merupakan  salah  satu  perusahaan  kancing  yang  sangat  mengutamakan kepuasan  customer,  di  mana  proses  produksi  atau  pembuatan  kancingnya dilakukan dengan cepat, namun tetap mengutamakan kualitas dari kancing yang di produksi.
Saat ini PT. Pramono Irindo Jaya merupakan salah satu perusahaan yang memiliki banyak  customer baik di daerah PULAU JAWA maupun di luar PULAU JAWA . Perusahaan-Perusahaan  yang  menjadi  Customer  PT. Pramono Irindo Jaya bukan hanya perusahaan kecil saja melainkan banyak  perusahaan-perusahaan besar yang menjadi  customer  PT. Pramono Irindo Jaya seperti:
Sri Rejeki Isman, Pan Brother, Gunung Salak, Young-il Indonesia, Doosan Cipta Busana , dan perusahhan Garment  lain- lain.
Visi Perusahaan
Adapun Visi dari PT. Pramono Irindo Jaya adalah “ Menjadi perusahaan  yang menyongsong  perubahan  untuk  menjadi  perusahaan  kancing  terbaik  dan membanggakan bagi masyarakat”.
Misi Perusahaan
Adapun Misi dari PT. Pramono Irinda Jaya adalah sebagai berikut:
1. Untuk  meningkatkan  laba  perusahaan  PT.  Pramono Irindo Jaya , meningkatkan volume penjualan dan menekan segala biaya yang tidak berhubungan dengan operasional perusahaan.
2. Berkomitmen  untuk  mengantisipasi  kebutuhan  pelangggan  yang  terus berubah  dengan  menanggapinya  secara  kreatif  dan  kompetitif  melalui pemecahan masalah secara menyeluruh, pelayanan terbaik, dan produk bermutu.
3. Menjadi  perusahaan  yang  berkinerja  unggul  dalam  dunia  usaha  dan menjadi  perusahaan andalan  karena  memberikan  nilai-nilai  tambah kepada customernya.
4. Berupaya  mencapai  pertumbuhan  usaha  yang  menguntungkan  dan berkelanjutan  serta memberikan  nilai  jangka  panjang bagi  para karyawannya
5. Memegang  komitmen  untuk  peduli  lingkungan  dan  memperbaiki kehidupan masyarakat di sekitar wilayah  operasi Perusahaan kami.


Tujuan Perusahaan
1. Tujuan utama perusahaan PT Pramono Irindo Jaya  yaitu untuk memuaskan kebutuhan konsumen dan berupaya Mencapai  pertumbuhan  usaha  yang  menguntungkan  dan berkelanjutan erta memberikan  nilai  jangka  panjang bagi  para karyawannya
2. Menempatkan Brand dalam pikiran konsumen untuk memaksimalkan potensi manfaat perusahaan  
Sasaran Perusahaan
1.       Para supplier kancing atau pun penjahit-penjahit besar dengan kebutuhan kancing tertentu.
Analisis SMART
S :  memuaskan kebutuhan konsumen dan berupaya Mencapai  pertumbuhan  usaha  yang  menguntungkan  dan berkelanjutan serta memberikan  nilai  jangka  panjang bagi  para karyawannya
M  : hal ini terbukti PT.Pramono Irindo Jaya dikenal sebagai produsen kancing yang mengutamakan kualitas dan presis itinggi.
A : Selain  perusahaan-perusahaan kecil yang menjadi customer, adapun perusahaan-perusahaan besar yang banyak menjadi customer seperti: Sri RejekiIsman,Pan Brother,Gunung Salak, Young- ilIndonesia, Doosan Cipta Busana,dan perusahhan Garment lain-lain.
R: hal ini terbukti pada misi perusahaan PT Pramono Irindo Jaya, yaitu untuk meningkatkan laba perusahaan PT.Pramono Irindo Jaya,meningkatkan volume penjualan dan menekan segala biaya yang tidak berhubungan dengan operasional perusahaan.
T: Setiap usaha pasti memiliki target tahunan akan tetapi PT Pramono Irindo Jaya merupakan perusahaan kancing yang sangat mengutamakan kepuasan customer,dimana proses produksi atau pembuatan kancingnya dilakukan dengan cepat,namun tetap mengutamakan kualitas dari kancing yang diproduksi.
Strategi dan Taktik
Budaya yang diterapkan didalam Perusahaan Pramono Irindo Jaya
1)      Budaya perusahaan dengan asas kekeluargaan dalam tubuh Perusahaan Pramono Irindo Jaya sudah menjadi spirit kerja loyalitas dalam  kegiatan sehari hari
        

 Marketing MIX Kopiganes
1)      Product

- kancing bahan logam
- kancing bahan kuningan
- kancing bahan magnet tas
- kancing bahan pdu polri
- kancing bahan polos
- kancing bahan peniti
- kancing bahan jepret plastik
- kancing bahan kemeja manset
- kancing bahan kemeja warna
- kancing bahan kayu
- kancing bahan lucu dan unik
- kancing bahan rivet
- kancing bahan tas
- kancing bahan unik
- kancing bahan warna warni
- kancing bahan almamater
- kancing bahan baju
- kancing bahan bungkus
- kancing bahan batok
- kancing bahan emas
- kancing bahan hias lucu
- kancing bahan jas almamater
- kancing bahan jepret
- kancing bahan jeans
- kancing bahan jepit

2)      Price
·         Kisaran harga yang kami tawarkan sesuai dengan jenis dan kebutuhan yang di minta.
3)      Promotion
            Strategi Promosi yang dilakukan PT. Pramono Irindo Jaya antara lain yaitu  memberikan penawaran terhadap supplier tetap kami mengenai harga dan variasi kancing yang kami tawarkan. Dan dengan melakukan survey pasar terhadap kebutuhan pasaran dan kemudian   memberikan info mengenai produk di situs kami
4)      Place
            Saluran pemasaran dan pendistribusian prodak yang dilakukan PT. Pramono Irindo Jaya  adalah saluran distribusi secara langsung, yaitu tanpa melalui perantara. Tapi langsung di tujukan pada supplier-supplier rekanan yang kami miliki

5)      Daya Saing
a.      Sumber Daya yang Berwujud
·         Bahan baku berkualitas tinggi
·         Memiliki banyak varian produk agar pelanggan tidak bosan
·         Memiliki SOP yang  jelas
·         Memiliki peralatan yang mendukung untuk produk yang berkualitas
a)      Sumber Daya yang tidak berwujud
·         Sudah di kenal di kalangan supplier
·         Kredibilitas perusahaan yang terpercaya
b)     Kemampuan
·         Mampu   memberikan  variasi  pada  produk
·         Memiliki kualitas bahan baku yang terpercaya
·         Memiliki produk dengan harga yang menjangkau untuk seluruh kalangan
c)      Kemampuan Inti
·         Bahan baku berkualitas tinggi
·         Memiliki variasi produk guna menyesuaikan selera konsumen
Implementasi Strategi Perusahaan
Implementasi Strategi adalah jumlah keseluruhan aktivitas dan pilihan yang dibutuhkan untuk dapat menjalankan perencanaan strategis. Implementasi strategis merupakan proses dimana beberapa strategi dan kebijakan diubah menjadi tindakan melalui pengembangan program, anggaran dan prosedur. Walaupun implementasi biasanya baru dipertimbangkan setelah strategi dirumuskan, akan tetapi implementasi merupakan kunci suksesnya dari manajemen strategic. Perumusan strategi dan implementasi strategi harus dilihat seperti dua sisi mata uang.
Untuk mencapai tujuan-tujuan perusahaan, baik dalam bentuk profit maupun kelangsungan usaha perusahaan serta dalam rangka membangun company image yang baik, maka perusahaan menrapkan beberapa strategi dalam berbisnis. Strategi tersebut tentunya melibatkan seluruh aspek dari pelaku bisnis yakni para pelanggan, pemberi modal (perbankan), para pemasok, otoritas pemerintahan,  maupun sumber daya internal perusahan.
Secara singkat strategi bisnis PT. PRAMONO IRINDOJAYA dalam mempertahankan kelangsungan dan mengembangkan usaha adalah sebagai berikut:
1.      Menjaga hubungan baik dengan seluruh mitra kerja yakni, para pelanggan, pemasok, penyedia permodalan dan unsur pemerintah dalam sinergi dan simbiosis yang saling menguntungkan serta berkonstribusi dalam pembangunan masyarakat secara luas.
2.      Mengutamakan pelayanan yang memuaskan untuk para pelanggan dengan tetap memperhatikan profit margin yang akan dicapai.
3.      Mengembangkan sistem manajemen yang terbuka, jujur dan bertanggung jawab dengan dukungan sumber daya manusia yang professional dan berdedikasi tinggi.
4.      Secara berkesinambungan memanfaatkan perkembangan teknologi dan ilmu pengtahuan yang relevan dengan bidang usaha yang dijalankan untuk memperoleh sistem yang effektif dan effisien.
5.      Melibatkan seluruh aspek yang terkait dalam setiap pengambilan keputusan untuk memperoleh dukungan maksimal dari berbagai pihak.


Analisa Perusahaan
1.1  Analisis IFAS & EFAS
Dilihat dari Faktor  Internal
       Kekuatan
1.      Kualitas produk kancing yang baik, sehingga diminati oleh banyak konsumen
2.      Promosi produk yang baik dan kerja sama erat dengan para pemasok, konsumen dan distributor untuk menghantar produk-produk dari pabrik ke tempat-rempat penjualan
3.      Penjualan produk sangat stabil dari tahun ketahun
4.      Mempuyai pelanggan yang tetap
5.      Kemudahan pembelian bahan baku

       Kelemahan
1.      Perlakuan Manajemen SDM di Perusahaan Tidak merata
2.      Rendahnya respon pasar terhadap produk-produk tertentu.
3.      Kurangnya ketelitahan dalam pengecekan kancing yang akan di produksi sehinga sering mengalami masalah yang sama
4.      Perusahan masih mengunakan jasa Accouting dari luar
5.      Gaji yang di bayarkan tidak sesui ketentuan yang ada
6.      Setiap hari ada Loyalitas 1 jam kerja tanpa di bayar
Dari tabel diatas dapat dilihat bahwa kekuatan yang dimiliki Pramono memiliki nilai yang lebih tinggi 3 poin dari nilai kelemahannya.



Total IFAS  = Strength – Weakness
                     =3,52(-2.88)
                     = 6.4

Dilihat dari Faktor Eksternal
       Peluang
1.      Tingginya kepuasan konsumen terhadap produk kancing PT Pramono Irindo Jaya
2.      Perusahaan mampu membuat produk kancing sesuai model dan desain dari konsumen
3.      Mampu memproduksi produk dengan kualitas terbaik serta mengikuti trend dan model masa ini
4.      Pasar yang bebas sehingga perusahan berpeluang untuk menambah konsumen
5.      perusahaan mampu mengekspor ke luar negeri
6.      Kemauan perusahaan yang tinggi untuk lebih maju dan  berkembang
7.      Lingkungan kerja yang mendukung


       Ancaman
1.      Kekecewaan Konsumen terhadap kualitas produk / barang
2.      Pengiriman Barang ke supplier terlambat
3.      Barang yang dikirim sebagian rusak/reject
4.      Produk pesaing dengan harga lebih rendah.
5.      Melemahnya daya beli konsumen.
6.      Pembyaran penagihan piutang tidak sesuai jadwal

Dari tabel diatas dapat dilihat bahwa ancaman yang dimiliki Pramono memiliki nilai yang lebih tinggi 1 poin dari nilai peluang


Diferensiasi
Diferensiasi adalah mengambil pelanggan sebagai titik perhatian utama. Strategi ini menitik beratkan pada pembangunan presepsi akan keunggulan kualitas, desain produk, teknologi, jaringan distribusi, image, bahan atau pelayanan.
Strategi ini dipilh karena PT. PRAMONO memiliki ketrampilan dan sumber daya umum berupa :
      PT.PRAMONO menggunakan online shop dan media web untuk iklan produknya.
      PT.PRAMONO membuka diri terhadap berbagai inspirasi guna meningkatkan kualitas barang
Value chain diferensiasi Consina
Adanya kesesuaian antara kemampuan perusahaan untuk menciptakan keunikan yang sesuai dengan permintaan pelanggan ada empat tahap:
  1. Tingkat kepentingan dari setiap aktivitas yang berbeda.
  2. Keterpisahan dari aktivitas yang berbeda.
  3. Dibuat rantai nilai yang terpisah untuk setiap kelompok pelanggan segmen atas dan pelanggan segmen bawah
  4.  Identifikasi faktor penentu diferensiasi.

uNTUK DATA POWER POINT, DAPAT DI DOWNLOAD DI LINK DI BAWAH INI :

3 komentar:

  1. Kepada Yth
    Bpk/Ibu Pimpinan Bag Import
    Div : Import-Export, Purchasing & Domestik

    Dengan Hormat

    Perkenalkan kami dari   PT.JTRAN CARGO PERSADA   perusahaan International Freight Forwarders, Customs Clearance, Customs Consultant And Land Transportation Service. Dengan kopetensi tinggi dalam semua aspek jasa pengangkutan, di dukung oleh jaringan yang luas yaitu pelayaran dan Customs. 
      PT.JTRAN CARGO PERSADA   kemampuan yang sangat baik untuk menanggani setiap aspek kebutuhan yang berhubungan dengan proses kepabeanan baik IMPORT maupun EXPORT. 


    * Project kerjasama Unggulan Kami SBB :

    Jasa Customs Clearance Import Via Udara ( Soekarno-hatta dan Halim Perdana Kusuma )
    Jasa Customs Clearance Import Via Laut ( LCL / FCL 20feet / 40feet dll )
    Jasa Undername Export-Import 
    Jasa Import Door To Door Service Dari Seluru Negara Asal Ke Indonesia
    Undername / perizinan import ( Perusahaan / Sewa )
    Bea Import Borongan ( ALL-IN ) Via Laut dan Udara
    All-In Customs Clearance Including : Pajak Import, Biaya D.O, Sewa Gudang & Other Chargest
    Domestik Via Laut, Darat dan Udara ke Seluruh Indonesia
    Cara konsultasi gratis untuk mengimport
    Agensi : Asia, Eropa, Amerika, Afrika dan Australia


    * Perusahaan Kami Salah Satu Perusahaan yg Melayani & Memiliki Beberapa Izin Import dan Kuota Import Seperti : 

    API dengan XX bagian HS
    Kuota ( PI Besi Atau Baja, Baja Panduan, Dan Produk Turunannya )
    Kuota ( PI Produk Kehutanan )
    Kuota ( Mesin Bekas / Barang Bekas )
    LS ( Laporan Surveyor )
    LS Alas kaki
    LS Electronic
    LS Mainan
    LS Pakaian jadi
    LS Garment
    LS Textile

    * Operasional Perusahaan kami Meliputi :

    Port Tanjung Priok & Soekarno Hatta II Air Port ( Jakarta )
    Port Tanjung Perak ( Surabaya )
    Port Tanjung Mas ( Semarang )
    Port Belawan ( Medan )


    Demikianlah perkenalan dari kami, besar harapan kami menjadi mitra atau rekanan baru di perusahaan bapak/ibu. Atas kesempatan, kepercayaan dan kerjasama yang baik kami ucapkan terima kasih.  

    --
              Thanks & Best Regards                    Fakrul PT.JTRAN CARGO PERSADA  General Trade Supplier &Export-importCIBUBUR TIMES SQUARE, RUKO MEDISON
    Jl. Raya Transyogi Km.3 B3 Jati Karya, Jati Sempurna Kota Bekasi, Jawa Barat
    mobile:082161135717
    Telp      : 021-28674430E-mail  : fakrul.import@gmail.com

    BalasHapus
  2. Masih ada lowongan gak bapak atau ibu.

    BalasHapus
  3. Dengan Hormat,
    Perkenalkan kami dari PT. Bakalindo Akses Penjamin (Agen Asuransi) dimana perusahaan kami telah di tunjuk untuk memasarkan Produk Penerbitan Bank Garansi & Surety Bond - Tanpa Agunan ( N on Collateral) bahkan perusahaan kami telah di Back Up oleh Perusahaan Asuransi Kerugian Swasta Nasional Maupun BUMN.
    File Penawaran Terlampir

    JENIS JAMINAN :
    1.Jaminan Penawaran / Bid Bond.
    2.Jaminan Pelaksanaan / Peformance Bond.
    3.Jaminan Uang Muka / Advance Payment Bond.
    4.Jaminan Pemeliharaan / Maintenance Bond.
    5. Jaminan Pembayaran Akhir Tahun / SP2D

    Lines Of Insurance
    1. Custom Bond
    2. Asuransi Cargo
    3. Construction All Risk ( CAR )
    4. Public Liabillity/ Product Liability
    5. Comprensive General Liability (CGL)
    6. Erection All Risk ( EAR )
    7. Workman Compensation Liability ( WCL )
    8. Automobile Liability ( AL )
    9. Marine Hull

    Regards,
    Julian Hamzah
    Call / WA 085217012610
    Website : bapaksespenjamin.com

    BalasHapus